ACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS IIB GUNUNGSITOLI KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT BERLANGSUNG KHIDMAT



Gunungsitoli - Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan hari nasional tersebut dilaksanakan untuk mengenang jasa Para Pahlawan yang telah gugur. Peringatan Hari Pahlawan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.


Bersumber dari ditsmp.kemdikbud.go.id, pertempuran yang terjadi di Surabaya merupakan perang pertama yang meletus setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.  Pertempuran ini melibatkan pasukan Indonesia dengan pasukan Inggris dan merupakan salah satu pertempuran terbesar juga dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.  Pertempuran Surabaya menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 


Maka dari itu dalam rangka menghormati jasa pahlawan yang telah gugur, setiap Instansi melaksanakan upacara pengibaran bendera, termasuk Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bapak Kalapas, Effendi Yulianto, Komandan Upacara, Bapak Ilman Zebua dan Perwira Upacara Bapak Fajariman Lase, Kamis (10/11/2022).


Kalapas dalam kesempatan ini membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini. Dalam amanatnya Bapak Kalapas mengatakan, "peristiwa yang terjadi tanggal 10 November 1945 memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan’, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan." Ucapnya.


Upacara yang berlangsung khidmat ini digelar di Aula Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli dan diikuti oleh Pejabat struktural, JFT, JFU dan CPNS di lingkungan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli.


Dukung terus Tim Humas Lagusit, Like dan Share Bapak/Ibu sangat berarti bagi kemajuan Humas Lagusit.

Terimakasih

Ya'ahowu🙏


#KemenkumhamRi #Lapasgunungsitoli #Humaslapasgunungsitoli #LagusitBersinarTrust #KumhamPASTI #OmbudsmanRI #EffendiYulianto #Zonalntegritas #KemenkumhamSumut #KUSUMA #Ombudsman #KemenpanRB #rbkunwas

Posting Komentar

0 Komentar